Friday 8 May 2015

PERKEMBANGAN ANAK SEKOLAH DASAR


Pada dasarnya setiap anak mempunyai ciri khas masing- masing, baik dalam peranan kehidupan sehari – harinya. Hal ini disebabkan karena setiap individu mempunyai latar belakang yang berbeda, mulai dari lingkunagn keluarga, status ekonominya, serta beberapa aspek yang mampu membuat perkembangan tubuh seorang individu berkembang atau tidaknya. Maka dari itu perlu suatu tatanan bagi setiap anak untuk dapat dipenuhi segala macam kebutuhannya demi perkembangan yang ideal.


Perkembangan motorik anak usia sekolah dasar tergantung pada gerak anak itu sendiri, terkadanga anak mau unutk bergerak, terkadanga pula anak sama sekali tidak mau bergerak. Maka dalam masalah seperti ini, di harapkan seorang pengajar agar biosa lebih memberikan motivasi kepada anak untuk tetap bergerak demi terciptanya suasana belajar mengajar yang kondusif, dan selebihnya untuk menjadikan anak bisa lebih terjaga kesehatannya.

Tujuan disusunnya makalah ini yaitu untuk menambah ilmu pengetahuan khususnya kita sebagai mahasiswa PJKR apabila kita nantinya dihadapkan pada seorang peserta didik mengenai gerak dasar dan perkembangan motoriknya.

Mudah – mudahan makalah ini dapat berguna khususnya bagi mahasiswa PJKR agar nantinya terbiasa dengan lingkungan yang dihadapinya di sekolah dalam kegiatan belajar mengajar.

Dalam makalah ini pokok pembahasan yang akan kita bahas adalah :

  1. Jenis permainan atau olahraga apa yang cocok bagi anak sekolah dasar ?
  2. Komponen apa saja yang berpengaruh terhadap perkembangan gerak dasar anak?
  3. Faktor – faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan  anak ?
 Selengkapnya mengenai pembahasan makalah ini bisa kawan DOWNLOAD disini

No comments:

Post a Comment