Friday 27 March 2015

DASAR-DASAR MUAMALAH DALAM JUAL BELI


Perdagangan merupakan aktivitas penting yang selalu berlangsung sepanjang zaman. Bahkan aktivitas tersebut dapat mendorong peradaban suatu bangsa. Dahulu orang-orang Arab berkembang dan menyebarkan islam melalui perdagangan, begitupun dengan bangsa Cina sekarang. Seperti kita ketahui, wilayah nusantara pun pernah menjadi pusat peradaban Asia dengan adanya Selat Malaka sebagai pusat lalu lintas perdagangan.
Pada dasarnya perdagangan selalu identik dengan pasar, namun lambat laun pengidentifikasian tersebut berubah, dimana perdangan berubah arti secara utuh menjadi transaksi jual dan beli. Ditambah dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, perdagangan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, dalam jumlah kecil atau besar.
Berbagai sarana perdagangan telah disempurnakan, namun tidak jarang penyempurnaan tersebut sering memunculkan peluang penipuan dan tindak kejahatan lainnya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Mutafifin, selalu ada orang-orang yang berlaku curang dalam menentukan timbangan jual beli. Begitu pun mengenai adzab-adzab yang ditimpakan pada suatu kaum karena berlaku curang dalam perdagangan.
Selengkapnya tentang Makalah ini silahkan DOWNLOAD disini

No comments:

Post a Comment