Tuesday 31 March 2015

SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA-NEGARA ASEAN


Pendidikan adalah salah satu sektor pembangunan yang pokok, dimana pemerintah di setiap negara harus benar-benar memperhatikan sektor ini agar seimbang bersama sama dengan sektor pembangunan lainnya. Sebegitu pentingnya perhatian kepada sektor pendidikan dalam pembangunan tidak lain karena pendidikan menyediakan sumber daya manusia yang akan turut andil dalam kelancaran pembangunan nasional pada suatu negara.

Berbagai upaya pemerintah masing-masing negara untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional dilakukan dengan menyisihkan sekian porsi anggaran pemerintah untuk sektor pendidikan yang akan digunakan untuk pengadaan dan peningkatan pembangunan infrastruktur, sarana, dan prasarana pendidikan, program beasiswa bagi siswa berprestasi, bantuan pendidikan bagi siswa yang kurang mampu secara ekonomi, pengadaan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keprofesionalan dan efektifitas pengajaran guru, tunjangan guru berprestasi, dan lain-lain, dimana antara satu negara dengan negara yang lain berbeda dalam skala prioritas.


Di antara yang juga mendukung kemajuan pendidikan di suatu Negara adalah sistem pendidikan yang diterapkan. Untuk itu beberapa negara terus melakukan riset terhadap sistem pendidikan mereka dengan membandingkan sistem pendidikan negara lain. Dan sistem pendidikan yang ideal adalah system yang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anak untuk mencapai strata pendidikan yang sama sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dengan demikian pembangunan pendidikan akan merata dan semua merasakan manfaat darinya.

Selengkapnya mengenai pembahasan makalah ini bisa kawan DOWNLOAD disini
Semoga bermanfaat.......

No comments:

Post a Comment