Salah satu upaya memaksimalkan bakat,
potensi, kecerdasan, dan kreativitas anak ialah dengan menyertakannya dalam
kegiatan sekolah usia dini atau PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ). Sedini
mungkin anak diasah untuk bersikap disiplin, bertanggung jawab, berjiwa sosial,
kreatif, inovaif, penuh dedikasi, menjalankan program dll. Dengan metode yang
tepat, kurikulum bagus dan lembaga bonafid niscaya anak akan lebih mampu
bekembang pesat dibanding mereka yang tidak diasah melalui program PAUD
tersebut.
Namun tidak semua lembaga
penyelenggara PAUD mulai jenjang PreSchool,
Play Group, dan TK mampu menyediakan metode, sarana, dan fasilitas penunjang kesuksesan pendidikan usia
dini tersebut. Untuk itulah, para orang tua harus
mampu menentukan secara strategis lembaga yang dipilihnya. Demikian pula para
penyelenggara harus mampu memperbaiki segala kekurangan yang menghambat tujuan
utama PAUD tersebut karena anak-anak usia dini yang identik dengan kegiatan bermain
menjadi fase yang sangat menentukan perjalanan hidup manusia. Sehingga,
merencanakan dan melaksanakan pendidikan pada usia dini ini menjadi sebuah
keniscayaan yang tidak boleh disepelekan dan ditelantarkan. Jika hal ini tidak
diperhatikan, masa depan kualitas generasi penerus bangsa akan semakin mundur,
kalah jauh dibanding negara-negara lain yang selalu sigap dan cepat
mempersiapkan kader-kader andalnya di era kompetisi global sekarang.
Negara ini tidak boleh lagi
kecolongan dan ketinggalan. Pendidikan anak usia dini harus segera didirikan
dan dikelola secara profesional di seluruh pelosok negeri ini. PAUD ini menjadi solusi terbaik pembentukan moral,
agama, emosi, sosial, dan spirit kompetisi. Dengan PAUD, fase perkembangan anak
akan berjalan secara fungsional dan produktif sehingga membentuk karakter yang
kuat, kokoh dan progresif.
No comments:
Post a Comment