Tuesday 31 March 2015

METODE PENDEKATAN DALAM PSIKOLOGI


Metode Filosofis
Yaitu metode yang memanfaatkan pemikiran.
1.     Metode Intuitif
·       Pengertian :
Metode ini adalah metode yang bisa dilakukan sengaja maupun tidak sengaja. Yaitu metode memperhatikan atau menyimak seseorang di kehidupan sehari-hari kita.
·       Tujuan :
Kita mengetahui situasi yang akan terjadi, karena kita telah mengetahui dari apa yang biasa terjadi.
·       Pelaksanaannya :
Metode ini dapat dilakukan dengan jalan sengaja maupun tidak sengaja dalam melakukan penyelidikannya, seperti halnya dalam pergaulan sehari-hari. Dalam keadaan tidak sengaja, kita mengadakan evaluasi terhadap sesama kita, atau kita ingin mengetahui benar-benar keadaannya dengan melalui kesan kita terhadap orang-orang yang kita selidiki tersebut. Dalam hal ini kesan kita pertamalah yang paling berperan dalam pengambilan kesimpulan.
·       Kelebihan :

Metode ini sangat mudah dilakukan karena kita tidak perlu seakan formal dalam meneliti seseorang, dan kita pun bisa meneliti seseorang padahal kita tidak berniat meneliti orang tersebut. Seperti  kita dapat mengamati orang lain dengan cara berinteraksi dengan dia, misalnya mengajak ngobrol orang tersebut, dari cara dia menjawab kita bisa tau dia orang yang seperti apa, dan orang yang kita teliti tidak tahu bahwa kita sedang mengamati dia.
Selengkapnya dengan makalah ini bisa kawan DOWNLOAD disini

No comments:

Post a Comment