Evaluasi
merupakan suatu pengamatan langsung terhadap siswa dengan memperhatikan tingkah
lakunya. Dalam observasi guru tidak perlu mengadakan komunikasi langsung dengan
siswa. Observasi dapat dilakukan pada berbagai tempat misalnya di kelas pada
waktu pelajaran, di halaman pada waktu murid bermain-main, di lapangan pada
waktu murid olahraga, upacara, perayaan, di rumah pada waktu senggang, pada
tempat karyawisata dll.
Keberhasilan
siswa dalam proses belajar-mengajar tidak selalu dapat diukur dengan alat tes,
sebab masih banyak aspek-aspek kemampuan siswa yang sukar diukur secara
kuantitatif dan obyektif misalnya asfek
afektif dan psikomotor yang mencakup sifat, sikap, kebiasaan berkerja dengan
baik, kerjasama, kerajinan, kejujuran, tanggung jawab, tenggang rasa,
solidarias, nasionalisme, pengabdian, keyakinan/ optimisme dan lain-lain. Untuk
mengukur kedua sapek itu perlulah alat penilaian yang sesuai dengan memenuhi
syarat.
Selengkapnya mengenai makalah ini bisa anda DOWNLOAD
Semoga bermanfaat........
No comments:
Post a Comment