Monday 30 March 2015

PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI DAN INFORMASI

      
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya internet berkembang sedemikian pesatnya serta memberikan dampak terhadap berbagai sendi kehidupan manusia. Internet mampu membawa kita pada era globalisasi, suatu era dimana sekat-sekat geografis suatu wilayah, atau negara menjadi terhilangkan. Tidak hanya sekat geografis, sekat waktu-pun terhilangkan oleh Internet. Dimana dan kapanpun kita dapat bekerja, berkomunikasi, berinteraksi, menciptakan dan menyebarkan data, informasi, dan pengetahuan dengan  sangat cepat dan akurat, ke berbagai belahan dunia, asal terhubung dengan internet.
         Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi kini telah mengubah cara pandang dan bertindak masyarakat dalam menghabiskan waktu untuk bekerja dan mengatasi segala permasalahannya. Muncul paradigma baru dalam masyarakat yang mengekspresikan perubahan baru dalam aktifitas kehidupan masyarakat sebagai dampak dari kemajuan TI. Pada sistem perdagangan dan ekonomi kini muncul e-commerce, e-business, e-trading, dan e-shop. Pada sistem pemerintahan muncul e-government, yang kemudian memunculkan bentuk-bentuk baru dalam penyelenggaraan dan pelayanan pemerintahan, seperti: e-administration, e-society, e-health, e-citizen, e-services, e-demokrasi, dan e-tendering atau e-procurement. Pada sistem surat-menyurat muncul e-mail. Bentuk-bentuk perubahan di atas pada dasarnya merubah aktifitas masyarakat dalam dunia nyata ke dalam aktifitas dunia maya (aktifitas dalam dunia internet). Banyak lagi bentuk perubahan lainnya terjadi dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat yang dibawa oleh kemajuan TI, tidak terkecuali, dalam dunia pendidikan.

Makalah berisi 16 Halaman yang disusun oleh Mahasiswa universitas muhammadiyah Surakarta yang mungkin bisa jadi referensi dalam pembuatan makalah, selengkapnya bisa anda DOWNLOAD
Semoga bermanfaat..............


No comments:

Post a Comment