Wednesday 1 April 2015

SENI TARI DAN MUSIK

        
Dewasa ini perkembangan tari dan musik sangatlah pesat baik yang yang tradisoamal maupun yang modrn, beraneka macamnya tari dan musik yang ada di indonesia ini merupakan wujud dari beraneka ragamnya suku dan bahasa yang ada, sehingga beraneka macam pula tari dan musik yang ada di indonesia ini.Pada dasarnya tari dan musik hanyalah di pergunakan untuk sebuah upacara ritual adat,  media hiburan, media ekspresi diri, media komunikasi, pengiring tari, dan sarana ekonomi.
         
Tari pada kenyataan sesungguhnya merupakan penampilan gerak tubuh, oleh karena itu tubuh sebagai media ungkap sangat penting perannya bagi tari. Gerakan tubuh dapat dinkmati sebagai bagian dari komunikasi bahasa tubuh. Dengan itu tubuh berfungsi menjadi bahasa tari untuk memperoleh makna gerak. Tari merupakan salah satu cabang seni yang mendapat perhatian besar di masyarakat. Ibarat bahasa gerak, hal tersebut menjadi alat ekspresi manusia dalam karya seni. Sebagai sarana atau media komunikasi yang universal, tari menempatkan diri pada posisi yang dapat dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja.
             
Sedangkan musik merupakan salah satu media ungkapan kesenian, musik mencerminkan kebudayaan masyarakat pendukungnya. Di dalam musik terkandung nilai dan norma-norma yang menjadi bagian dari proses enkulturasi budaya, baik dalam bentuk formal maupun informal. Musik itu sendiri memiliki bentuk yang khas, baik dari sudut struktual maupun jenisnya dalam kebudayaan yang ada di masyarakat.

Selengkapnya dengan pembahasan makalah ini bisa kawan DOWNLOAD disini

No comments:

Post a Comment