Friday 3 April 2015

STRUKTUR BAHASA PEMROGAMAN


Bahasa pemrograman merupakan alat yang sangat penting bagi programmer untuk mengimplementasikan algoritma. Tiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan programmer memiliki preferensi tersendiri dalam memilih suatu bahasa pemrograman. Beberapa faktor penting seseorang dalam memilih bahasa pemrograman adalah syntax, editor, dokumentasi, performa, library, fleksibilitas, komunitas dan popularitas.

Dalam hal syntax, terdapat 3 macam notasi, yaitu infix, prefix dan postfix. Notasi infix merupakan notasi yang umum untuk ekspresi matematika, dimana proses atau operator diletakkan diantara subyek dan obyek, contoh bahasa pemrograman yang menggunakan notasi ini adalah C++. Notasi prefix adalah notasi yang umum bagi komputer, dimana proses atau operator diletakkan diawal, disertai subyek dan obyek, contoh bahasa pemrograman yang menggunakan notasi ini adalah Lisp.


Kelemahan dari notasi infix adalah membutuhkan tanda kurung dan analisis formula dibutuhkan terlebih dahulu untuk menentukan bagian mana yang dikerjakan terlebih dahulu. Kelebihan notasi prefix adalah tidak membutuhkan tanda kurung dan kejelasan dalam hirarki, karena tree operasi dapat dibentuk dengan mem-parse dari sebelah kiri sehingga dapat mempermudah analisis syntax.

Selengkapnya dengan pembahasan makalah ini bisa kawan DOWNLOAD disini
Semoga bermanfaat.........jangan lupa tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini

No comments:

Post a Comment