Sunday 12 April 2015

PENDIDIKAN INDONESIA YANG SETARA DAN MERATA


Dalam arti luas pendidikan mencakup setiap proses, kecuali yang bersifat genetis, yang menolong membentuk fikiran, karakter, atau kapasitas fisik seseorang. Proses tersebut berlangsung seumur hidup, karena kita harus mempelajari proses berfikir dan bertindak yang baru dalam setiap perubahan besar dalam hidup kita. Dalam arti sempit pendidikan adalah penanaman pengetahuan, keterampilan dan sikap masing-masing generasi dengan menggunakan pranata-pranata, seperti sekolah yang sengaja diciptakan untuk tujuan tersebut (Kneller, 1965:9).

Tentu saja diantara kita telah mengetahui arti penting pendidikan bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Pendidikan dijadikan sebagai suatu keharusan bagi setiap individu manapun. Pendidikan menjadi hal yang sangat penting dikarenakan, melaluinya seorang individu tumbuh berbaur kedalam cara hidup masyarakat. Tanpa itu semua manusia tak jauh beda seperti sebuah patung yang diketahui keberadaannya namun tak ada kontribusi bagi kehidupan sosial masyarakat.

Sejak kecil, seorang anak sudah di beri pendidikan dalam keluarga, mulai dari bagaimana cara berpakaian, bagaimana cara makan, bagaimana harus beretika, dll. Anak-anak tersebut dipersiapkan oleh orang tuanya untuk berbaur dengan orang-orang yang ada di sekeliling mereka. Namun, dari semua hal yang diajarkan di atas tak pernah lepas dari kebudayaan yang melatarbelakanginya.


Pada hakikatnya pendidikan merupakan bagian dari  kebudayaan. Dalam hal ini kehidupan seorang anak dapat menggambarkan latar belakang kebudayaannya. Kita ketahui bersama bahwa, sejak kecil ia telah diberikan pendidikan oleh orang tuanya. Dari situlah seorang anak mulai belajar kebudayaan orang tuanya. Dari sini dapat di lihat kebudayaan sangat berpengaruh pada tumbuhkembang seorang anak. Sebagai contoh, seorang anak yang dibesarkan dalam keluarga yang kurang memperhatikan akan pentingnya kebersihan maka akan secara otomatis sang anak akan meniru perilaku orang tuanya yang memang meremehkan kebersihan. Disinilah proses seorang anak yang sedang tumbuh diinisiasikan kedalam cara hidupnya.

Selengkapnya mengenai pembahasan makalah ini bisa kawan DOWNLOAD Disini

No comments:

Post a Comment