Tuesday 21 April 2015

PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA JURNALISTIK


Bahasa merupakan alat yang digunakan oleh manusia pada umumnya untuk berkomunikasi antara satu sama lain. Dengan bahasa manusia dapat mengerti satu sama lain mengenai berbagai macam hal. Tanpa adanya bahasa manusia tidak akan mungkin dapat berkembang, oleh karena itu dengan diciptakannya bahasa manusia dapat berpikir dengan cermat dan menjadi pintar.

Bahasa juga diciptakan dalam berbagai macam. Karena kita hidup di negara Indonesia oleh sebab itu bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai alat pengembangan nasional. Selain sebagai alat pengembangan nasional, bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa negara dan bahasa nasional. Sementara itu fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :

1.     Sebagai lambang negara.
2.     Lambang identitas negara.
3.     Alat penghubung antarwarga, antardaerah, antarbudaya.
4.     Menyatukan berbagai suku bangsa dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Dalam karya tulis ini saya membahas bahasa Indonesia dalam bahasa jurnalistik di sebut juga bahasa media massa. Bahasa Indonesia merupakan alat yang dapat digunakan sebagai bahasa media massa untuk menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyajian bahasa media massa sangatlah komunikatif dan spesifik. Komunikatif artinya dalam penyampaian sebuah persoalan langsung ke pokok inti persoalannya dan dapat dimengerti oleh para pembaca. Spesifik artinya penyampaian kata-kata yang disajikan singkat padat namun dapat dimengerti oleh para pembaca, tidak memakai kata-kata yang terlalu bertele-tele atau yang bisa disebut dengan pemborosan kata.
Untuk itu, karya tulis ini dibuat untuk lebih memperdalam dan menjelaskan bahasa indonesia dalam bahasa Jurnalistik (Media Massa).

Selengkapnya mengenai pembahasan makalah ini bisa kawan DOWNLOAD Disini


No comments:

Post a Comment