Sunday 19 April 2015

BAHASA INDONESIA SEBAGAI PEMERSATU BANGSA


Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi yang sangat pesat dari akhir abad 19 sampai abad 20, bahkan perkembangan yang sangat pesat ini berlanjut pada abad ke 21 seperti yang kita rasakan sekarang ini. Jika kita melihat dari sejarahnya pada abad 18 yang lalu ilmu pengetahuan masih berbasis pada industrialisasi dan revolusi pada bidang industry dan pertanian, dimana moderinasi pada abad tersebut masih berbasis pada perubahan dan perkembangan pada alat-alat pertanian.

Sehingga perkembangan tersebut tidak bisa di rasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di semua belahan dunia, revolusi ini masih terbatas pada beberapa Negara yang mengalami revolusi industri tersebut. Negara-negara tersebut antara lain : Inggris, Prancis dan Amerika Serikat. Namun, yang terjadi pada akhir abad ke 19 adalah terjadinya revolusi besar-besaran di segala bidang kehidupan ketika mulai di kenalnya alat bantu komunikasi. Perkembangan alat bantu komunikasi sampai dengan hari ini dapat menjadi manfaat yang luar biasa bagi kita dan dapat juga menjadi ancaman yang paling utama.

Hal utama yang dapat menyebabkan perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat tersebut di sebabkan oleh perkembangan komunikasi yang tiada lain maknanya adalah perkembangan terhadap bahasa. Dengan bahasa perdagangan dapat dilakukan, dengan bahasa juga membuat hubungan antar Negara menjadi lebih baik.

“Bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain.” Ferdinand De Saussure.

Selengkapnya mengenai pembahasan makalah ini bisa kawan DOWNLOAD Disini

No comments:

Post a Comment